K-Pop dan Pengaruhnya Terhadap Pelajar

K-Pop dan Pengaruhnya Terhadap Pelajar

geoul soge nae moseubeun teong bin geoscheoreom gongheohae
honja gireul georeobwado teong bin geori neomu gongheohae
da ra dat dat dat dat dat dat, baby don’t worry
neoran kkumeseo kkaen hyeonsirui achimeun gongheohae

(diambil dari http://indrasaputra88.blogspot.com/2014/08/winner-empty-lirik.html)

Kosong itulah yang didapat jika kita terlalu banyak meresapi K-Pop ketimbang pelajaran sekolah. Apanya yang kosong? Kosong yang dimaksud itu nilai 0 (nol); pikiran yang kosong saat ulangan, karena lupa semua yang sudah dipelajari kemarin malam; kosong dalam hal percintaan, seperti lirik lagu di atas.

Lalu.. apa hubungannya K-Pop dan kekosongan-kekosongan yang tersebut di atas? Well, untuk urusan nilai… sebenarnya ada tahapan atau prosesnya dulu. Proses awalnya, ketika kita hendak belajar dan malah lebih kepikiran drama atau lagu-lagu K-Pop yang katanya lagi happening banget. Tidak mau ketinggalan info, akhirnya malah sibuk ngecek medsos, chatting, dan saat tengah malam… mulailah yang namanya download dengan alasan internet lebih lancar waktu itu. Alhasil, keesokan harinya begitu lembar soal ulangan dibagi, hanya bisa menulis nama, kelas, dan nomor absen. Syukur-syukur kolom tanggal bisa diisi, tapi kalau tanggal saja salah? Malu kan?!

Begitu juga dengan pikiran yang tiba-tiba kosong, padahal sudah belajar semalam suntuk. Eh… malah yang diingat lirik lagu K-pop itu-itu terus. Apalagi kalau kita itu single, baca fanfic tentang percintaan. Jadi galau, lalu mulailah menyalahkan dunia karena status kita itu. Makin miris rasanya dengan lagu K-Pop yang ngebeat tapi tetap saja berputar sekitar percintaan.

Semua itu sudah saya alami sendiri (kecuali yang percintaan ya…) dan rasanya itu sakit sekali, karena si kosong-kosong itu. So… sebagai saran untuk teman-teman semua pertimbangkan, dahulukanlah belajar ketimbang K-Pop. Jangan terlalu banyak berkhayal, karena kita hidup di dunia nyata.. bukan khayalan.

Artikel ini pernah diterbitkan oleh Pikiran Rakyat, Belia, Edisi Selasa 7 Oktober 2014

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s